Teknologi Game
Game (permainan) secara umum adalah sebuah aktivitas rekreasi
dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan.
Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Sedangkan computer game
adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada
konsol permainan, maupun mesin ding-dong dst.
Teknologi
Game terdiri dari
dua kata, yaitu Teknologi dan Game.
Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk
menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda
maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan
pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka
pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi
dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses baik
berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam
upaya untuk mendukung kinerja dari game.
Aplikasi games ini dapat dijalankan pada berbagai macam platform. Beberapa
platform media yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna adalah :
- Personal
Computer
- Web
Based Games
- Smartphone
- Cellphones
/ Mobile Phones
Bisnis dalam Game Komputer
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan
berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati
game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan
solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena
terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut
melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah
bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya.
Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Pay Per Item
1. Pay Per Item
game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau
dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila
pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang
tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling
dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain
sebagainya.
2. Pay
per Play
game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal
game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang
diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya.
Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
3D
Engine dan Scene Graph
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk
menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D
grafis.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan
grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph
dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi
serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar,
ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu
·
Menciptakan objek Canvas3D.
·
Menciptakan sebuah scene graph.
·
Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup
yang menunjuk root dari scene graph.
Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE
merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game
engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu
men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility
hardware-accelerated 3D graphic.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional.
Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game
komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3
dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software
(game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa
mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.
Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita
bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan,
dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk
menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat
digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360,
juga Ipad, Iphone, dan Android.
Desain Skenario, Script, dan Storyboard
Game Komputer
Desain Skenario Terdiri dari dua kata yaitu Desain dan Skenario dimana arti kata Desain bisa diartikan sebagai sebuah rancangan dari apa yang akan dibuat dan Skenario yang dapat diartikan sebagai penyampaian cerita atau gagasan. Sehingga dapat kita artikan Disain Skenario adalah sebuah rancangan yang mewakili sebuah cerita/gagasan/alur dalam suatu game.
Skrip merupakan
bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode
dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat
dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis. Skrip atau kode
program yang akan dijalankan umumnya akan diterjemahkan terlebih dulu dari kode
sumber ke dalam P-Code, sebagai tambahan, beberapa bahasa skrip bahkan telah
menyediakan kompiler JIT terintegrasi yang akan mengevaluasi serta
menerjemahkan bagian-bagian kritis atas P-Code tersebut menjadi kode mesin
sehingga menghasilkan eksekusi proses yang lebih cepat hingga secara relatif bisa
menandingi program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman
kompilatif seperti C.
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game.
Artificial Intelligence pada Game
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur
dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial
Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas
ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Beberapa macam bidang
yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer
(games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
Arsitektur Game Engine
Game Engine adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan
oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D
grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script,
animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading,
dukungan lokalisasi, dan adegan grafik.
Game Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry point-nya adalah fungsi ‘main().’ Biasanya program utama ini relatif pendek. Game engine adalah program yang ‘memotori’ jalannya suatu program game.
Tipe-Tipe Game Engine
Game engine biasanya datang dengan
berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman.
Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini,
yaitu :
1. Roll-your-own game engine
Banyak perusahaan game kecil seperti
publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API
seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di
sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source.
Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Kelemahannya banyak
engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.
2. Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan
semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh
GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Contoh tipe game engine
seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya
yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal
ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
3. Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat
dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai
membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder
dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game
point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis
interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai
dari grafis hingga tata suara.
Sumber
:
http://nearsekai.blogspot.co.id/2016/03/game-technology-bisnis-dalam-game-dan.html
http://dinandwinanto.blogspot.co.id/2016/03/tugas-1-pengantar-teknologi-game.html
http://dinandwinanto.blogspot.co.id/2016/03/tugas-1-pengantar-teknologi-game.html
http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
Komentar
Posting Komentar