Langsung ke konten utama

World Wide Web (WWW) or Website



Pastinya hampir semua orang sudah tahu apa itu website dan bahkan pada saat ini sudah banyak sekali aplikasi ataupun teknologi yang berbsasis web. Mungkin banyak juga yang sudah bisa bikin website sendiri. Tapi pada postingan kali akan lebih menjelaskan pengertian, sejarah, dan perkembangan mengenai suatu website.



Pengertian WEB
World Wide Web (WWW) atau lebih dikenal dengan Website atau Web adalah keseluruhan dari halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website ini merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai komputer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi sampah, informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius dan ada juga informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial atau berbayar lah.
Website sendiri sudah memiliki jenis-jenis tersendiri yang dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi, sifat, dan bahasa pemograman yang digunakan. Berikut ini merupakan Jenis-jenisnya :
Berdasarkan sifatnya :
  • Website dinamis: website dinamis adalah sebuah website yang menyediakan content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Contoh website dinamis adalah website berita (www.goal.com, www.bola.net, www.detik.com).
  • Website statis: website statis adalah website yang content atau isinya sangat jarang diubah. Contoh website statis adalah web profile organisasi perusahaan .
Berdasarkan tujuannya :
  • Personal Website adalah website yang berisi informasi pribadi seseorang.
  • Corporate Website adalah website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
  • Portal Website adalah website yang mempunyai banyak layanan, mulai dari layanan berita, email, dan jasa-jasa lainnya.
  • Forum Website adalah sebuah web yang dibuat dengan tujuan sebagai media diskusi.
Berdasarkan bahasa pemrograman :
  • Server Side Website: adalah website yang menggunakan bahasa pemrograman yang tergantung kepada tersedianya server. Misalnya, PHP, ASP, dan lain-lain. 
  • Client Side Website adalah website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankannya, cukup diakses melalui browser saja. Contohnya html.

Jadi dapat diartikan, Pengertian website adalah kumpulan halaman-halaman. yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, dan masing-masing website dihubungkan dengan ke dalam sebuah jaringan. Hubungan antara satu halaman website dengan halaman website lainnya disebut dengan hyperlink, sedangkan teks yang dijadikan media penghubung disebut hypertext.

Sejarah WEB
            Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer dari inggris yang bekerja pada European Physics Laboratory (CERN) di Geneva, Swiss, melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dia mengkombinasikan hypermedia dengan sumber-sumber dari internet yang sanagat luas. Sebelum ada-nya sebuah website, kalian dapat melakukan banyak hal menarik di Internet, Akan tetapi tidak ada satupun yang dapat digunakan atau dilakukan dengan mudah.
            Pada saat itu Berners-Lee sendiri menemukan solusinya dengan menggunakan Teknologi hypertext untuk membentuk sebuah dokumen web. Teknologi hypertext ini dapat disalin dan disembunyikan pada suatu antar muka yang berbasis karakter. Selanjutnya dokumen web harus ditulis dalam format khusus yang memungkinkan hypertext ini sendiri saling terjalin dalam bekerja. Format ini adalah Hypertext Markup Language (HTML). Dalam mendefinisikan  format pada dokumen teks digunakan untuk (SGML) yang ditujukan untuk desktop publishing. Berners-Lee dan tim nya mengambil kemampuan hyperlink untuk membentuk dasar dokumen web yang pertama.
Web browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.




Perkembangan WEB
Pada perkembangan Website sendiri sudah mulai berkembang dari tahun 1990 sampai sekarang ini. Bahkan Website akan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya mungkin sampai pada masa depan nanti website sudah memiliki versi yang terbaru dari saat ini.



1.    Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, laman web (website) yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Pada era Web 1.0, apabila anda membuka internet browser dan mulai mencari informasi, anda akan dapati teknologi bagaikan sebuah buku raksasa, yaitu anda harus mencari halaman demi halaman untuk menemukan informasi tersebut.

Contoh Web 1.0

2.    Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi web generasi kedua yang memberi kemudahan interaksi yang lebih bebas antara satu dengan lain seperti kolaborasi dan kongsi informasi secara dalam talian.

Contoh Web 2.0

Contoh Web 2.0 ini seperti sosial media youtube, wiki, flickr, facebook, word processing, spreadsheeting, free web-based, online banking dan e-mail.
Pada era Web 2.0, diperbolehkan membuka internet browser dan mencari informasi, anda dapat berkongsi maklumat, berkomunikasi dan bertukar fikiran dengan pengguna internet yang lain. Informasi yang diperolehi adalah lebih lengkap. Contohnya, sebelum ini ensiklopedia.com menyajikan semua informasi yang anda perlukan. Namun kini, wikipedia.com menyajikan seluruh pengetahuan yang anda ketahui kepada orang lain. Selain itu, setiap orang boleh menyumbangkan idea dan pengetahuan mereka pada laman tersebut dan menjadikan informasi semakin padat dan lengkap.

3.    Web 3.0
Menurut John Markoff (2006), terdapat konsep web masa depan di mana arah perkembangan teknologi web selanjutnya melebihi Web 2.0, iaitu Web 3.0. Konsep Web 3.0 adalah smart internet experience atau intelligent internet experience. Menurut Nova Spivack perkembangan Web 3.0 akan berkisar pada tahun 2010-2030. Beliau adalah pakar dan perintis dalam bidang Semantic Web. Semantic Web adalah salah satu komponen atau syarat paling penting dari konsep web 3.0. Era Web 3.0 Semantic Web adalah website yang dilengkapi dengan ciri komputer yang dapat berfikir. Namun melalui Semantic Web diharapkan komputer dapat menggantikan peranan manusia untuk “berfikir, menganalisis dan menentukan” informasi yang sedang dicari. Contohnya, apabila anda mencari perkataan “kuda”, anda akan memperoleh semua informasi/data biologi tentang spesies kuda termasuk mainan berbentuk kuda, DVD tentang kuda dan berbagai maklumat berkaitan kuda.

Jadi dapat disimpulkan perbedaan dari ketiga versi website yang sudah dijelaskan, yaitu :
Web 1.0
Tertutup, individual publishing, komunikasi sehala, penglibatan pasif membaca saja laman web persendirian.
Web 2.0
Kolaborasi, penglibatan berkumpulan, komunikasi 2 hala, penglibatan yang aktif, pengguna – menjana kandungan dan blogging, print and digital unfiltered “The social web”.
Web 3.0
Aplikasi dinamik, perkhimatan interaktif “The intelligent Web” digital, dynamic – filtered.



SUMBER :
Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Publisher. 

Arifin, Ridwan. 2014. Evaluasi Penerapan Library 2.0 di Perpustakaan.
http://digilib.uin-suka.ac.id/13066/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. [Akses 13 Maret 2016]

Taufik. 2014. Pengenalan terhadap internet. http://tekvokppdsandakan.weebly.com/uploads/4/2/2/4/42246019/topik_4_-_pengenalan_kepada_internet.pdf. [Akses 14 Maret 2016]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo