Langsung ke konten utama

HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)


Hyper Text Transfer Protokol atau yang biasa disingkat HTTP ini merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk mengakses data melalui sebuah web atau website. Selain dari itu protokol HTTP ini dapat digunakan untuk mentransfer data dalam format plaintext, hypertext, audio, video dan sebagainya. Akan tetapi karena protokol ini lebih sering digunakan untuk mengakses sebuah web maka lebih umum digunakan untuk mentransfer data dengan format hypertext dikarenakan lebih efesiensi dibandingkan dengan format yang lain.

 HTTP (HyperText Transfer Protocol) merupakan protocol pada layer aplikasi baik TCP/IP maupun OSI yang digunakan untuk mengakses web pages dari suatu website. Secara spesifik dalam penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut hypertext, yang kemudian membentuk sebuah website.


Sebuah website merupakan aplikasi pada jaringan komputer (terutama internet) yang paling banyak digunakan saat ini dan dapat digunakan pada beberapa perangkat. Seperti komputer, smartphone, mobile phone, table dll. Pada jaringan komputer sendiri umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi. Dengan adanya hubungan antara server dan client maka protokol HTTP memiliki 3 fungsi, yaitu :
1.  Membantu web server dalam melakukan tindakan yang terkait dengan permintaan dari client.
2. Membantu aplikasi web browser untuk menayjikan data dan informasi yang dikirim oleh web server berdasarkan permintaan dari client.
3.   Membantu dalam menerjemahkan pesan dan perintah yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirmkan dari server ke client.

Versi HTTP
Hingga saat ini, protokol HTTP memiliki 2 versi mayor dari protokol HTTP, yaitu :
1.        HTTP/1.0 digunakan untuk koneksi terpisah untuk setiap dokumen.
2.        HTTP/1.1 dapat digunakan untuk koneksi yang sama untuk melakukan transaksi.
Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.


Cara Kerja HTTP



Pada gambar diatas ini dapat dilihat cara kerja dari protokol HTTP. Dimana didalam sebuah protokol HTTP ini memiliki 2 buah metode utama yang digunakan dalam layanan yang diberikan kepada pengguna jaringan komputer. Kedua metode tersebuat adalah POST dan GET. Dimana pada Metode POST ini digunakan untuk  proses pengiriman data ke server, dengan melakukan penambahan, pengeditan, dan pengubahan data di server. Sedangkan pada metode GET ini dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.



Sebuah protokol HTTP ini biasanya memiliki HTTP client dan HTTP Server. Dimana HTTP client memulai request dengan membuat koneksi TCP (Transmission Control Protocol) menuju server (umumnya adalah port 80). Sedangkan HTTP server menunggu adanya pesan request pada port yang telah ditentukan. Setelah menerima request dari client, server kemudian mengirimkan status line antara lain "HTTP/1.1 200 OK". Setelah itu dilanjutkan dengan mengirimkan file yang diinginkan client beserta pesan kesalahan atau informasi lainnya. HTTP diidentifikasi menggunakan uniform resource identifier (URI) dengan format penulisan tertentu.




SUMBER :
Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2012. Handbook jaringan Komputer. Jakarta: Informatika

Prasetyo, Imam. Juni 2013, "Monitoring HTTP dan DNS menggunakan Wireshark". http://ilmukomputer.org/2013/05/16/monitoring-http-dan-dns-menggunakan-wireshark. [Akses 13 Maret 2016].


Aditia, Bima. 2013. “APLIKASI RFID UNTUK SISTEM PRESENSI MAHASISWA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA BERBASIS PROTOKOL INTERNET”. http://www.e-jurnal.com/2015/11/aplikasi-rfid-untuk-sistem-presensi.html. [Akses 14 Maret 2016].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo