Langsung ke konten utama

Review Game Pro Evolution Soccer PES

Pro Evolution Soccer adalah salah satu game sepakbola virtual yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Konami Computer Entertainment Tokyo, yaitu sebuah perusahaan Game Development di Jepang dengan bantuan produksi dari Tim Blue Sky. Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat dengan PES dan dikenal di Asia dengan nama World Soccer Winning Eleven, Setiap tahunnya Game PES selalu merilis versi terbarunya, dimana saat ini telah rilis game PES versi 2016. PES adalah salah satu game yang bergenre Olahraga (Sports), yaitu permainan video game yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga sepakbola secara virtual.



Permainan PES ini tersedia hampir di seluruh console game dan tesedia juga versi untuk PC. Permainan ini bisa dilakukan secara individu maupun multiplayer secara langsung dan online. Pro Evolution Soccer menyajikan virtualisasi permainan sepakbola yang sangat menarik dan hampir mendekati realistis, disini gamer dapat mengendalikan dan bermain sepakbola virtual selayaknya memainkan sepakbola nyata. 
Game ini juga sarat akan Artificial Inteligent (AI), dimana pergerakan dan respon pemain sepakbola dapat terlihat selayaknya pemain sepakbola yang nyata. Fitur tersebut didukung dengan user interface dan visualisasi game yang menarik, serta gameplay realistis sehingga permainan tersebut terlihat sangat menarik ketika dimainkan. 

Berikut ini review dalam game Pro Evolution Soccer :

USER INTERFACE
Game PES tidak diragukan lagi kualitasnya untuk sebuah simulasi permainan olahraga sepakbola, di karenakan kemampuan user interface yang menarik seperti dibawah ini : 
·       User Friendliness dan Menu Interaktif
PES sangat mudah untuk di mainkan, bagi siapa saja dari anda yang mengerti atau bahkan sekedar pernah melihat orang bermain bola, pasti bisa memainkan game ini. Interface didesain secara sederhana tetapi menarik dan fungsional. Hal ini menjadikan PES sangat mudah dioperasikan oleh berbagai jenis user.



PES dengan menu - menu sederhana dan tampilan yang menarik. Sehingga permainan tidak terasa monoton atau membosankan. User tidak akan di bingungkan dengan keberadaan menu yang terlalu bercabang - cabang. PES memliki menu yang sederhana namun terarah.

·       Tampilan Grafis
Kualitas grafis yang baik, tampilan yang elegan, ketajaman detail yang menawan, dan animasi yang halus dan tidak kaku, menjadi unggulan dari PES. Gambar/animasi dari tiap pemain lebih real(nyata) jadi seperti menonton pertandingan sepakbola di televisi.


Pergerakan dari tiap pemain sudah halus, dibuat seolah-olah mendekati nyata. Pencitraan pemain, mulai dari model rambut sampai dengan bentuk tato pada tubuh terlihat lebih realistis dan detail (urat, keringat, ekspresi muka pada saat selebrasi gol), sehingga pengidola pemain tertentu tentu dapat mengenali pemain kesayangannya dengan jelas. Selain itu detail yang ditunjukkan pada konsep lapangan dan kostum dari tiap tim ataupun negara sudah sama persis dengan yang asli. 



Nah pada Gambar diatas ini adalah gambar pada saat akan melakukan pertandingan atau akan memulai game pada Pes 2013 dan 2014. Nah dari gambar diatas saja sudah terlihat halus dari sisi grafis, lalu pemainnya sudah terlihat seperti di dunia nyata, lalu komposisi pemain di tiap klub atau negara nya sudah hampir sama sesuai dengan yang di dunia nyata.

·       Innovation and Lateral Thinking
PES 2015 dan selanjutnya Pes 2016 sudah menampilkan hal yang sangat berbeda dibanding dengan permainan sepakbola yang lain, yaitu sistem kontrol 360 derajat. Sistem ini merupakan sebuah inovasi dari sistem lama yang hanya bisa bergerak ke 8 arah. Dengan fitur ini user bisa melakukan manuver dan dribling sesuai dengan keinginan dan kemampuan user. Karena dengan fitur ini user dapat menggerakan pemain secara 360 derajat, yang berarti anda dapat menggocek lawan dari berbagai arah atau free to move, berbagai cara, dan sama sekali tidak kaku.  Sehingga interaksi yang didapat user dari layar akan lebih baik dan terasa lebih nyata (realistik). 




·       Animasi dan Dramatisasi
Dalam tampilan menu awal dan menu-menu berikutnya, background tidak monoton/hanya ditampilkan secara statis tetapi juga menggunakan animasi yang memanjakan mata user dan tidak membuat user cepat bosan. 

GAME PLAY 
Game yang akan dikembangkan PES adalah bergenre olahraga (sports) dengan tema sepakbola. Dalam PES game dimainkan oleh single player dan multiplayer non-Ai dalam bersaing atau saling berkerja sama, mode multiplayer dapat diikuti oleh lebih dari 2 pemain bersamaan yang terkoneksi dalam LAN. Alur game adalah sama dengan pertandingan sepakbola pada umumnya yaitu : dua kelompok berlawanan yang masing-masing kelompok beranggota sebelas pemain berjuan untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (mencetak gol). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). 
Setiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan  gawangnya.
Sejumlah pemain dapat digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan umum digantikannya seorang pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, dll. Dalam pertandingan standar, pemain yang telah diganti tidak boleh kembali bermain dalam pertandingan tersebut. Ada sebuah aturan tertentu yang bersifat opsional, yaitu jika dalam sebuah pertandingan selama 2 x 45 menit berakhir dengan kedudukan seri maka akan dilakukan babak tambahan selama 2 x 15 menit. Dan jika setelah babak tambahan berakhir tetapi kedudukan tetap imbang, dilakukan adu penalti untuk menentukan tim yang keluar sebagai pemenang pertandingan. 
Wasit yang memimpin pertandingan di dalam PES adalah 1 orang dan di bantu 2 orang sebagai hakim garis. kemudian dibantu official wasit yang membantu apabila terjadi pergantian pemain. Hakim garis dan official wasit hanya muncul pada momen tertentu, seperti ketika pergantian pemain terjebak dalam posisi offside, bola meninggalkan lapangan (out), dll. 
Dalam game Pro Evolution Soccer (PES) user bertindak sebagai manajer yang menentukan formasi, strategi dan pemain yang akan diturunkan pada permainan tersebut, mengendalikan arus kas dan transfer pemain (dalam mode Master League). Selain itu user juga berhak memainkan jalannya pertandingan secara penuh dengan menggunakan konsole, joystik maupun keyboard untuk PES versi PC. Selain itu untuk mendukung permainan supaya lebih seimbang, dalam PES tersedia banyak tim dari beberapa liga top dunia dengan tim papan atas maupun tim-tim papan bawah. User juga dapat menyesuaikan kemampuannya ketika bermain melawan CPU dengan memilih level kesulitan mulai dari amatir sampai ke top player.

FITUR 
·       Artificial Inteligent (AI)
Pro Evolution Soccer adalah salah satu game yang sarat akan Artificial Inteligent atau kecerdasan buatan, diantaranya adalah :
·       ProActive AI
Adalah yang menyatukan kontrol dengan realisme yang ada di lapangan sepak bola. Fitur-fitur yang hadir antara lain Balance of Play, Tactical Precision dan Enhanced Goalkeepers. Ketiganya hadir untuk lebih menyeimbangkan permainan, memperbaiki hal-hal yang tidak mungkin terjadi didalam sebuah pertandingan sepak bola yang sebenarnya, dan memperbaiki AI dari kiper seperti reaksi, keefektifan bermain dan cara mengirim atau mengumpan yang lebih baik. 
Setiap kali bola berada di kekuasaan pemain, pemain kawan yang berpotensi menjadi target passing bola secara otomatis akan langsung bergerak cepat, mencari posisi terbaik untuk membuka sebuah celah untuk serangan langsung ke jantung pertahanan lawan. Para pemain belakang kini punya gaya pertahanan lebih baik dengan gerakan yang begitu alami. Kini mereka tidak hanya mengejar bola yang masuk dalam areanya, namun juga berupaya merebut bola tanpa melakukan kesalahan. 


Contoh lainnya adalah ketika terjadi serangan dan pemain lawan melakukan shooting ke arah gawang, secara otomatis kiper akan bergerak untuk menangkap maupun menghalau bola tersebut supaya tidak masuk ke dalam gawang. Tidak hanya sekedar bergantung pada AI, PES terdapat Complete Dribbling yang memungkinkan pemain untuk bergerak dan melakukan gerak tipu dengan lebih mudah maka permainan pun terasa sangat mengalir dan lebih menghibur.



Sehingga dengan AI yang lebih cerdas maka akan membuat permainan menjadi semakin nyata dengan bentuk permainan sepakbola sesungguhnya seperti respon pemain yang sangat cepat dan dapat membaca situasi dengan tepat.
·       Pengukur Stamina
Pengukur stamina yang berbentuk ‘tingkatan/level’ kini lebih detail. Terlalu sering berlari dan mengiring bola pun akan menurunkan stamina para pemain dalam PES. 
·       Adaptive Reward
Kemampuan ini memungkinkan pemain dalam pertandingan sepakbola PES untuk mendapatkan ganjaran akibat dari perbuatan yang dilakukan, reward tersebut dapat berupa hal yang positif maupun hal yang negatif. Contoh dari hal positif reward adalah ketika dalam sebuah pertandingan terdapat pemain yang bermain secara bagus, memberi banyak assist, maupun mencetak banyak gol akan mendapatkan poin khusus yang dapat digunakan untuk meningkatkan poin skill mereka. 
Sedangkan contoh dari negatif reward adalah saat pemain melakukan tackling (menjegal) pemain lawan secara kasar, akan dikenakan kartu kuning maupun kartu merah sesuai dengan tingkat kekasaran yang dilakukan. Kartu merah akan diberikan kepada pemain ketika melakukan tackling yang sangat kasar atau pemain tersebut melakukan pelanggaran kepada pemain lawan yang berpotensi mencetak gol, pemain yang terkena katu merah otomatis langsung meninggalkan lapangan pertandingan sehingga mengurangi jumlah pemain dalam tim tersebut. Sedangkan kartu kuning diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran ringan, tetapi jika pemain mendapatkan dua kartu kuning maka secara otomatis pemain tersebut akan mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari pertandingan tersebut.




·       Verbal Expression
Hal ini terlihat dari multi language yang di tawarkan oleh game ini. Selaih bisa memilih
bahasa yang akan di tampilkan pada tampilan menu, komentatornya pun bisa di setting
sesuai dengan bahasa yang kita inginkan. Fitur yang satu ini tidak asal bisa
menampilkan berbagai bahasa asing, tetapi tetap memperhatikan segi tata bahasa dan
pengucapan. 
·       Full Control
Fitur ini memiliki kemampuan kepada user untuk mengendalikan bola secara penuh serta leluasa. Sebut saja seperti, menerima bola dengan halus/kasar sampai menerima bola dengan cepat. Full control yang di sebutkan disini juga termasuk dalam hal mengoper bola. Ketika mengoper bola user bisa mengaturnya apakah bola yang di oper tersebut nantinya pelan atau keras. Sama halnya dengan Shooting (menendang ke arah gawang lawan), User juga bisa menendang secara halus atau pun kuat. 


·       Player ID
Fitur ini terbagi menjadi dua yaitu Player Individuality dan Individuality to Goalkeepers. Player Individuality adalah identitas (citra) para pemain dalam game ini. Seperti Ronaldo dengan “ancang-ancang” ketika mengambil tendangan bebas dan Messi dengan gocekan mautnya. Bahkan dalam PES pemain bisa melakukan selebrasi yang berbeda-beda, sesuai dalam aslinya. Player ID juga bertujuan agar para pemain bisa di kenali dari Attributnya saja. Sementara untuk Individuality to Goalkeepers di khususkan untuk penjaga gawang, penjaga gawang nantinya mempunyai “kekuatan” tersendiri dalam merespon bola.
·       Teammate Controls
Adalah kesempatan untuk menggerakkan pemain lain menggunakan skema kontrol yang baru. Bercermin dari keluhan gamer PES yang seringkali menyebut AI teman yang kurang adaptif untuk membaca gerak dan gaya bermain, Konami menghadirkan kebebasan lewat skema kontrol terbaru ini. Kini gamer tak perlu lagi mengandalkan kepintaran AI semata, User juga bisa memerintahkan pemain lain untuk bergerak maju atau bergerak sesuai keinginan user. 



·       Taktik dan Strategi
Mekanisme pengaturan taktik dan strategi dalam PES 2011, 2012 dan 2013 bersifat sama yaitu ‘Drag & Drop’. Tetapi agak sedikit beberda dengan versi barunya ayitu Pes 2015 dan Pes 2016. Tidak hanya sebatas pengaturan subtitusi dan perubahan pemain tetapi user juga sangat leluasa untuk mengatur strategi dan menyusun formasi sesuai dengan permainan tim. Pengaturan ini juga diberikan animasi singkat mengenai potensi strategi yang akan digunakannya.



·       Dukungan 3D
Pada Pes 2014, Pes 2015 dan Pes 2016  telah mengusung teknologi 3D yang akan membuat game ini serasa ‘hidup’. Gunakan kacamata khusus, maka gamer akan mendapati tampilan 3 dimensi layaknya pada film layar lebar.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 
Kelebihan 
Kualitas grafis yang menarik dan hampir realistis, lebih smooth serta luwes. Gameplay yang mudah dipahami baik oleh pengguna awam maupun pengguna tingkat lanjut. Skill dan teknik para pemain nyata terdapat dalam permainan PES seperti pemain sering melakukan suatu volley ball, drive shoot dan full long shoot yang tepat/akurat menuju gawang. Ekspresi pemain terlihat nyata, seperti ekspresi menyesal ketika melakukan pelanggaran, ekspresi kesakitan ketika terkena tackle, dan ekspresi ketika mencetak gol.
Suara suporter dan komentator terkesan asli. Pilihan menu yang lebih simpel.Pemilihan Back Ground Music (BGM) yang tepat, menambah kenyamanan user ketika memainan PES serasa dalam suasana pertandingan sepakbola sesungguhnya. Hadirnya dramatisasi yang membuat pengalaman bermain lebih. Gerakan pemain dan bola yang halus.

Kekurangan 
Respon pemain terkadang lambat dalam merebut atau mendribel bola, terkadang pihak lawan bisa mengambil bola kita dengan mudahnya. Umpan-umpan yang ditujukan untuk antar pemain sering melenceng atau kurang tepat sasaran ke pemain yang kita inginkan. Kiper terkadang sering maju sendiri meninggalkan gawang. kiper sering melakukan blunder didepan gawang, sedikit kurang responsif dalam menangkap bola. Teammate Controls yang tak berpengaruh signifikan.
Pemain didesain seolah terlalu rapuh, seringkali jatuh dan memicu peluit foul. Dan terkadang masih banyak bug atau kesalah yang sangat mendasar bahkan dapat diajadikan bahan lelucon karena masih banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi. Setiap musim harus mengupdate PES untuk mendapatkan data pemain yang terbaru mengenai transfer pemain, pergantian tim yang degradasi maupun tim yang promosi, dan untuk mendapatkan pergantian seragam yang baru dalam tim.


KESIMPULAN 
Game Pro Evolution Soccer adalah salah satu game yang sangat diminati oleh banyak kalangan hampir di seluruh dunia. Game ini menyediakan simulasi permainan sepakbola yang hampir nyata, dengan tampilan visual yang menarik serta mudah untuk di mainkan. Selain itu game PES ini juga sarat akan fitur dan teknologi Artificial Technology yang membuat permainan ini menjadi realistis, game kaya fitur ini memberikan sensasi tersendiri bagi user. Dan memberi pengalaman bagaimana mengatur sebuah tim sepakbola secara professional meskipun ini hanya permainan simulasi. Yang membuat user seperti turut menikmati sensasi pertandingan sepakbola sungguhan di stadion. 

SUMBER
http://www.sitimewa.com/2014/02/review-game-pro-evolution-soccer-pes_16.html
http://kevsu07.blogspot.co.id/2015/07/perkembangan-game-pes-dari-tahun-1995.html
http://dmaz091292.blogspot.co.id/2011/11/video-games-pro-evolution-soccer.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo