Langsung ke konten utama

Teknologi Grafis yang mulai Melambat

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai peningkatan grafis pada game konsol yang mulai melambat. Nah pada awalnya bisa dirasakan sewaktu terjadi batu loncatan besar dari Grafis Super Nintendo ke grafis PS1 dalam kurun waktu 8 tahun atau jika dilihat 2 tahun sebelum PS1 tepatnya 1996 ada Nintendo64 yang memberikan loncatan grafis cukup jauh dari gambar "kartun" nya Super Nintendo Entertainment System (SNES). Yaap PS1 dan Nintendo64 sudah memberikan grafis lingkungan 3D.

Super Mario Nintendo – 64 bit
Selanjutnya dari PS1 yang masih belum jelas muka-muka karakternya kembali mengalami sebuah jebolan teknologi baru yaitu di era PS2, Gamecube, dan XBOX. Nah yang akan dibahas memang perkembangan grafis game konsol saja, karena kalo PC adalah masalah upgrade hardware belaka bukan perbedaan bentuk dan fungsi layaknya sebuah game konsol.

                                    Winning Eleven (PS 1) 
                                   Winning Eleven (PS 2)

Bisa dilihat semisal game WE di PS1 muka para pemainnya masih sama semua, berbeda dengan di PS2 yang para pemain masing-masing memiliki muka yang berbeda. Walau ada beberapa pemain tak berlisensi sehingga mukanya sama. Rambut pemain pun tidak kotak-kotak belaka.

Selanjutnya berkembang lebih jauh dari PS2/GC/ XBOX à PS3, XBOX360, Wii U.
Disini mulai berkembang yang namanya Dynamic Light dan shadow di bagian tubuh. Serta di beberapa game baju karakter yang bisa lecek-lecek semisal game Pro Evolution Soccer (PES), Call Of Duty, Grand Theft Auto (GTA), dll. Komposisi pun jauh lebih terlihat padat.

                                    Grand Theft Auto San Andreas (PS 2)  
Grand Theft Auto V (PS 3)

Nah sekarang kita akan membahas yang console game yang sedang hangat digunakan oleh semua orang, Next Gen Console yaitu Playstation 4 dan XBOX One. Sebenarnya agak disesalkan kualitas grafis PS4 dan XBOXOne tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya PS3 dan XBOX36O. Pada postingan saya kali ini intinya akan di bahas bahwa perkembangan grafis game console melambat untuk saat ini. Ya mungkin dikarenakan karena masih terbatasnya Hardware dan perkembangan Hardware yang kembali melambat setelah sempat memuncak antara era 2007- 2012. Di tahun 2013 memang inovasi Teknologi kian berkurang saja. Sebut saja Galaxy S4 yang katanya Octa Core ternyata masih Quad Core belaka (belum murni memiliki 8 core). Disini terlihat pula pada PS4 dan XOne. 


                                                         FIFA 14(XBOX ONE) 
FIFA 14 (PS3)
                                           
Dari contoh gambar  diatas semisal game FIFA di Xbox One saja tak jauh berbeda dengan versi PS3 dan X360 nya. Hanya  terlihat perbedaan di jersey yang bisa lecek dan berkibar kali ini, terlihat memang grafis baju dibuat terpisah dengan grafis tubuh pemain.


PES 2014 (PS3/X360)

Coba bandingkan saja FIFA versi XBOX One dengan PES 2014 versi PS3 dan Xbox 360. Terlihat tidak ada perbedaan, dan malah terlihat jauh lebih real PES 2014 milik PS3 dan XBOX360. Di PES 2014 ini baju pemain tidak hanya lecek, melainkan bisa berkibar juga layaknya FIFA 14 versi Next Generation.


Dan Selanjutnya, coba kita melihat game Watch Dogs untuk PS4 tidak memiliki perbedaan grafis yang tidak jauh dengan PS3. Bahkan terbilang sama jika disandingkan dengan GTA V versi PS3.

Nah, dari semua pembahasan postingan kali ini perkembangan grafis game console akan sangat mencolok menjadi batu loncatan besar hingga sekarang yang kian tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Apakah ini suatu kemunduran atau kurang inovasi baru dalam dunia grafis 3 dimensi ? Yap sebenarnya grafis sebuah game ditentukan oleh Engine yang digunakan dalam game tersebut, sebut saja beberapa engine grafis seperti Unreal Engine, FOX Engine, Crytek Engine yang begitu populer karena Grafis yang dihasilkan cukup nyata.

SUMBER 
http://bismaputrapratama.blogspot.co.id/2013/09/peningkatan-teknologi-grafis-melambat.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo