Langsung ke konten utama

Elemen Desain User Interface / Antarmuka Game

Desain antarmuka (interface) dalam aplikasi komputer adalah adalah suatu rancangan dari sebuah aplikasi/software, mobile devices, websites, maupun games yang fokus pada pengalaman antara pengguna aplikasi tersebut.  Desain antarmuka ( interface ) berfungsi untuk memudahkan pemakai dalam menggunakan aplikasi komputer maupun devices lain secara efektif dan efisien. Akan tetapi desain antarmuka dalam games tidak sama dengan desain antarmuka pada perangkat lainnya, dan di dalam games terdapat unsur fiksi yang melibatkan pemain/pengguna sebenarnya dalam bentk (avatar).

Pemain menjadi elemen yang tidak terlihat tetapi menjad kunci dari permainan tersebut, fiksi ini dapat langsung terhubung dengan sistem antarmuka, sebagian terkait, dan beberapa ada yang tidak terkait sama sekali. Dalam desain antarmka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :



1.    DIEGETIC
       Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Dead Space, Far to cry 2, Aliens : Colonial Marine dan Assassin’s Creed.

Dead space screen shoots


Far to cry 2 screen shoots, stopwatch

Assassin’s Creed itu menggunakan eagle vision untuk menyorot musuh dan jalur
patroli mereka. Pemain dan karakter melihat hal yang sama.


2.      META
Elemen UI tidak selamanya sesuai dalam geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi permainan tapi duduk di hub plane 2D – ini disebut elemen Meta. Elemen meta UI bisa sulit untuk dipakai dalam permainan tanpa unsur narasi yang kuat, seperti olahraga atau permainan balap. Dalam Need for Speed​​: Hot Pursuit masih dapat terasa bahwa speedometer di HUD 2D adalah meta karena karakter pemain – sopir, akan tahu berapa kecepatan mobil melaju dan untuk itu membentuk bagian dari narasi tersebut. Elemen HUD lainnya seperti posisi track dapat lebih sulit untuk dipakai.

Need for Speed​​: Hot Pursuit menggunakan elemen HUD seperti speedometer
untuk menyampaikan informasi tentang mobil kepada pemain.

Blood splashing di layar dengan 2D HUD plane untuk memberi tahu player
bahwa karakter sudah kalah dan mati.


3.      SPATIAL
Elemen Spasial UI digunakan ketika ada kebutuhan untuk memecahkan narasi dalam rangka untuk memberikan informasi lebih kepada pemain melebihi yang disadari karakter. Mereka masih duduk dalam geometri lingkungan permainan untuk membantu memuaskan pemain dan mencegah mereka dari keharusan untuk merusak pengalaman dengan melompat ke layar menu. Semakin dekat ini mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu memuaskan pemain.
Splinter Conviction juga mengadopsi unsur-unsur spasial dalam bentuk proyeksi yang menggambarkan tujuan dalam dunia permainan. Skala mereka tampaknya menantang fiksi sedikit lebih dari contoh-contoh lainnya.

Tipe ditampilkan di dalam lingkungan untuk mengkomunikasikan pesan
ke pemain daripada ke karakter.


Fable 3 adalah contoh lain di mana spatial elemen digunakan untuk memberikan informasi lebih pada player dan mencegah player dari melompat ke map screen. Jejak yang berpijar hampir tepat digunakan karena unsure fiksi dan memberi kualitas kesan magic estetik tetapi karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.

Jejak bersinar Fable memandu player untuk melangkah ke langkah selanjutnya.

Spatial elemen dapat menjadi sesuatu yang indah ketika mereka bekerja dengan geometri di dunia. Berikut ini adalah spatial elements dari Forza 4 yang mendemostrasikan style simple yang dapat kontras denga kekayaan kualitas 3D dari game.

Bold iconography dikombinasikan dengan strong typographic layouts membantu
membangun arah seni yang indah bagi Forza 4’s UI.


4.      NON DIEGETIC
Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen-elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya pikir ini unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetik, meta dan spasial memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.
World of Warcraft sebagian besar menggunakan non-diegetic UI, satu pengecualian adalah nama pemain yang spatial. Hal ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan, mudah-mudahan memastikan pengalaman yang familiar.


Sebagian besar elemen UI di World of Warcraft duduk di hub plane 2D,
beberapa elemen duduk dalam geometri dunia seperti nama
pemain namun karakter tidak mengetahui adanya UI

Akhirnya Mass Effect 3 menggunakan banyak elemen Non-diegetic UI elements agar dapat menginformasikan kepada player bahwa karakter telah memilih senjata dan kekuatan dari beberapa yang ditawarkan.

Non-diegetik Mass Effect 3 ini elemen masih mewarisi gaya visual
yang berhubungan dengan dunia game



SUMBER
https://nowitisappropriate.wordpress.com/2013/01/04/23/
http://shipo-margareth.blogspot.co.id/2013/01/elemen-elemen-user-interface-desain.html
http://www.sitimewa.com/2013/01/elemen-desain-antarmuka-game.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo