Langsung ke konten utama

IMAX Yang Terlupakan



Teater Imax Keong Emas berbentuk keong raksasa, merupakan tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus dengan teknologi canggih, didirikan atas prakarsa lbu Tien Soeharto, dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984.

Gedung teater yang sangat khas ini dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tayangan film layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX. Layar raksasa yang digunakan berukuran 21,5 x 29,3 meter, sedangkan proyektornya menggunakan IMAX format film 70 mm, dengan SoundSystems Sonics yang dapat dioperasikan dengan 2 system (Maghnatech, dan Digital CD). Menonton film di teater ini, penonton serasa ikut berada didalamnya dan ikut pula berperan sebagai pemain.





Teknologi film imax menunjukkan kecanggihan dan kemampuannya untuk menimbulkan daya tarik kuat yang membuat penonton berdecak kagum.
Beberapa film tersedia untuk diputar, antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II (Anak-anak Indonesia), Indonesia Indah III (Indonesia Untaian Manikam di Khatulistiwa), dan Indonesia Indah IV (Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menunjukkan keindahan lingkungan, kekayaan alam, dan keragaman budaya Indonesia.

Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi pemutaran film-film impor yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tema-tema lingkungan hidup. Sejak tahun 1984 Teater Imax Keong Emas telah memutar 20 judul film impor dengan masa sewa antara 1 dan 2 tahun. Film-film itu antara lain To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, Mistic India. Dinosaurus Giants of Patagonia, Wild Ocean, Journey to Mecca, Africa the Serengeti, Arabia. Yang terbaru adalah Born to be Wild, dan Flying Monsters. Pada tahun 2004, teater ini mampu meng-upgrade sistem dan sekaligus memutar film IMAX DMR (Digital Re-Mastering), yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan transfer film laga format 35 mm ke dalam IMAX EXPERIENCE 70 mm.

Dengan kualitas tampilan dan suara yang mengagumkan perusahaan IMAX kini mampu memperluas upayanya melebihi film animasi mencakup film laga, sehingga memungkinkan film-film Hollywood diganda ulang secara digital. Misalnuya fim berjudul harry Potter and Prizoner of Azkaban (Harry Potter 2), Spiderman 2, Madagascar Escape 2 Afrika, Star Trek dan Transformers 2 dapat diputar teater-teater IMAX diseluruh dunia dalam layar raksasa dengan jam tayang 1 hingga 2,5 jam.


Yaap itulah ulasan mengenai Teater Imax Keong Mas yang berada di taman mini indonesia indah. Teknologi yang digunakan pada Theater Keong Mas merupakan salah satu contoh Teknologi Digital Cinema 4D. Dimana pada tahun 1984 merupakan pertama kalinya teknologi Imax yang berbasis 4D atau 3D masuk ke Indonesia. Gedung Theater ini dibuat sebagai sarana rekreasi untuk mengetahui kekayaan alam dan beragam budaya yang ada pada Indonesia. Akan tetapi seiring perkembangan zaman semakin majunya teknologi ini dan mulai banyak masuk teknologi IMAX ini ke Indonesia membuat Theater ini semakin hari semakin sepi. Karena film-film yang diputar hanya itu-itu saja yang diputar setiap tahunnnya. Walaupun sudah banyak Film Hollywood yang sudah masuk seperti Harry Potter, Spiderman 2, dan Transformers 2 tetap saja Theater Keong Mas ini sepi pengunjungnya, karena filmnya bukan film terbaru seperti pada bioskop-bioskop yang ada di Indonesia. Dampak pada Digital Cinema ini dengan adanya Teknologi IMAX yang masuk ke bioskop-bioskop di Indonesia ini lama kelamaan Theater Keong Mas akan semakin terlupakan. Padahal Theater ini sangat berguna untuk pengetahuan anak-anak Generasi Bangsa Indonesia dan Theater ini jugalah yang pertama kali menayangkan IMAX di Indonesia. Jadi jangan lupakan semua Teknologi dan Sejarah yang ada pada pertama kali dibuat.


SUMBER
http://www.tamanmini.com/wahana-rekreasi/teater-imax-keong-mas
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Keong_Emas.jpg
http://www.thearoengbinangproject.com/theater-imax-keong-emas-tmii/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo