Langsung ke konten utama

"CINEMA 4D" Sofware Animasi 3D

Yap postingan kali saya akan membahas mengenai software Cinema 4D. Supaya lebih jelas dan mengetahui fungsinya yuk simak aja penjelasan yang dibawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCcl5TGOPluyl7QhNnSrHlhedQUzZqmstrK3iBBoNLEuWBcL3yYRd6pfTNfT-USaZVKkMoLu72nMfDot0lrnmifoeyrZ33Maa7TrvmnwTw_TADzgJMXpPsd26QHf8NlrS22nq_VNSJvrM/s1600/Cinema4d.jpg

Cinema 4D atau biasa di singkat C4D merupakan software 3D animasi dan motion graphic buatan Maxon. Maxon sendiri adalah perusahaan software yang berkedudukan di Jerman.  Seperti halnya dengan software 3D lainnya, tentunya C4D bisa menangani semua pembuatan seperti modeling,lightinganimationtexturingrendering dan lainnya.
Modules atau Add-On dari C4D
Untuk melengkapi persenjataan dari C4D, Maxon menanamkan 10 modules atau add-on pada C4D sebagai senjata untuk melawan competitor software 3D lainnya. Modules C4D di antaranya adalah :
1.    Advanced Render. Add-on untuk pecahayaan.
2.    Mocca. Add-on untuk membuat sebuah karakter atau dengan kata lain character studio.
3.    Pyrocluster. Add-on untuk membuat efek api, asap dan awan.
4.    Thinking Particles. Add-on untuk membuat animasi partikel.
5.    Dynamics. Add-on ini berfungsi untuk menambahkan efek grafitasi, angin, dan kekuatan alam.
6.    BodyPaint 3D
7.    Net Render. Fasilitas render dengan menggunakan jaringan sehingga bisa meningkatkan kecepatan rendering.
8.    Hair. Memudahkan untuk membuat dan menambahkan rambut, jenggot dan kumis untuk karakter.
9.    MoGraph. Salah satu andalan selain bodypaint 3D.
10.    Sketch and Toon. Membuat efek render seperti gambar kartun dengan menggunakan efek-efek seperti Charcoal, pencil dan anime

User interface C4D tidak jauh berbeda dengan software animasi 3D lainnya.
 

Langkah dan tutorial pembuatan animasinya sebagai berikut:
§  3D Modeling, dilakukan ketika keseluruhan sketsa dua dimensi sudah selesai kita buat. Secara umum, jumlah polygon pada model ditentukan sesuai kebutuhannya. Untuk kebutuhan game biasanya cukup menggunakan jumlah polygon yang sedikit. Namun untuk kebutuhan model yang detail harus menggunakan jumlah polygon yang banyak.
§  Material/Texturing, dilakukan ketika tahap modeling telah selesai. Pemberian material dan tekstur pada objek bertujuan agar model merepresentasikan kebutuhan konsep kita.
§  Rigging/Bone, digunakan untuk mengatur objek kita agar dapat di animasikan. Pemberian bone biasanya ditujukan bagi pembangunan model 3D karakter desain, namun tidak menutup kemungkinan semua objek diberi bone juga. Yang penting harus sesuai konsep.
§  Environment Setting, adalah pembuatan unsur-unsur pendukung dalam projek tersebut. Misalnya pembuatan sebuah ruang tamu, dimana di dalamnya banyak berisi furnitur mewah dan ruangan tersebut nantinya akan digunakan dalam adegan (scene) baku tembak. Tahap ini biasanya dilakukan sejalan berbarengan dengan pengerjaan karakter desain, namun berbeda divisi/team-nya. Berarti yang harus dibuat untuk menjawab kebutuhan adegan tersebut: membuat model ruangan, berbagai macam furnitur mewah, penyesuaian material, teknik pencahayaan, alur pergerakan kamera. Sedangkan lip-sync disini adalah kegiatan pengisian suara yang dilakukan oleh para pengisi suara di studio rekaman suara.
§  Animating, tugas yang dilakukan oleh animator. Mereka bertanggung jawab membuat model-model yang bergerak memiliki gerakan yang sesuai, sehingga model tersebut akan terlihat hidup. Sebagai catatan Animation atau Animasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu Animare yang berarti memberi jiwa. 
§  3D Rendering,  kalau semua "draft" atau semua langkah diatas  sudah selesai, maka tahap selanjutnya hanya tinggal menunggu proses rendering di software 3D 

Klo mau lihat hasil-hasil Animasi 3D yang sudah keren dan kece bisa dilihat di cinema4dtutorial.net. dijamin hasilnya memuaskan bagi anda yang suka animasi 3D ini. 


Sumber :
http://fajaringgit.blogspot.co.id/2013/01/belajar-animasi-3d-dengan-cinema-4d.html
http://hal-mnarik.blogspot.co.id/2012/06/belajar-animasi-3d-dengan-cinema-4d.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo