Langsung ke konten utama

Review Website Kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olahraga)




Sekilas Info Kemenpora
Kemenpora merupakan singkatan dari Kementrian Pemuda Dan Olahraga. Kementrian ini merupakan lembaga yang mengurusi semua bidang atau jenis olahraga yang ada di Indonesia dengan memperhatikan semua orang terutama pemuda yang akan melakukan olahraga agar dapat dilatih dan dikembangkan kemampuan berolahraganya. Sebenernya kalian pasti udah pada tau apa itu Kemenpora, apalagi ditahun ini kalian pasti sering mendengar nama itu ditelevisi, koran, internet atau diberita manapun karena adanya konflik dengan PSSI. Yaap sudahlah saya tidak akan membahas itu.  
Kemenpora RI pada tahun ini masih dijabat oleh Bapak Imam Nahrawi dan ternyata bapak menpora kita kali ini berkumis juga ya mungkin tidak setebal seperti sebelumnya. Menpora RI ini dikenal dengan Bapak berkumis karena setiap pergantian jabatan selalu saja yang berkumis seperti sebelumnya ada Roy Suryo, Andi Mallaranggeng, dan Adhyaksa Dault.
Yap itulah sekilas info mengenai Kemenpora (Kementrian Pemuda Dan Olahraga).  

 

Pada Era Digitalisasi sekarang ini mungkin semua pemerintahan sudah membuat atau menggunakan sebuah Website yang berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat dengan pemerintah yang bersangkutan. Oleh karena itu pada artikel atau postingan kali ini akan membahas suatu Website dari Pemerintahan yang ada di Indonesia dan Website yang akan dibahas kali ini adalah website Kemenpora. Yuk disimak aja !!...

Sejarah
Tonggak sejarah kelembagaan yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan sebenarnya sudah ada sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana penelusuran tim tentang sejarah pengelolaan kegiatan olahraga dan pemuda oleh negara diketahui pada susunan Kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945. Kabinet yang bersifat presidensial memiliki Kementerian Pengajaran yang dipimpin oleh Menteri Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani berada di bawah Menteri Pengajaran. Istilah pendidikan jasmani dipergunakan dalam lingkungan sekolah sedangkan istilah olahraga digunakan untuk kegiatan olahraga di masyarakat yang berupa cabang-cabang olahraga. Usia kabinet pertama yang kurang dari tiga bulan kemudian diganti dengan Kabinet II yang berbentuk parlementer di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sutan Sjahrir yang dilantik pada tanggal 14 November 1945.


VISI & MISI
VISI
"MEWUJUDKAN KEPEMUDAAN DAN KEOLAHRAGAAN YANG BERDAYA SAING"

MISI
"MENINGKATKAN DAYA SAING KEPEMUDAAN DAN KEOLAHRAGAAN"



Lambang KEMENPORA


Berikut ini merupakan penjabaran atau penjelasan secara mendetail dan lengkap dari Lambang atau Logo Kemenpora :

Tangan Kanan Mengepal
Merupakan wujud Tekad, Semangat, Kokoh, Teguh, Kemauan kuat Pemuda untuk menjaga Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika
Tiga pilar pada tangan mengepal mempunyai makna ketiga peristiwa sejarah, yaitu :
Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928 dan Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Pelaku utamanya adalah Pemuda.
Warna Biru mempunyai makna lambang/simbolik : 
Keliasan Pandangan dan Pikiran, Smart, Bergerak Maju, Inovatif dan Inspiratif, Kedewasaan, Kematangan, Penguasaan Ilmu Pengetahuan.

Api Obor merupakan perwujudan semangat/spirit Nasionalisme yang tak pernah padam sejak dikobarkan oleh Boedi Oetomo tahun 1908 yang menjadi momentum Kebangkitan Indonesia sebagai Bangsa(Nation)







Tiga Cincin warna Merah melambangkan semangat Kesatupaduan untuk mengembangkan ruang lingkup bidang Olahraga
Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi dan Olahraga Prestasi serta Semangat untuk mengharumkan dan memperjuangkan kehormatan Bangsa Indonesia dan mendorong Keolahragaan Nasional yang bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatam dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nila moral dna akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dna membina Persatuan dan Kesatua Bangsa, memperkukuh Ketahanan Nasional, serta mengangkat harkat dan martabat dan kehormatan bangsa

Lingkaran oval. Lingkaran adalah bentuk bidang yang sempurna, ini menggambarkan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah Lembaga Negara yang Solid, Kokoh, Kuat, Smart, Bernurani, Berdedikasi Tinggi yang membidangi Pemuda dan Olahraga yang dilandasi oleh rasa cinta dan tanggungjawab demi bakti kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Warna Merah mempunyai makna kekuatan, kemampuan, dan semangat yang tidak pernah pudar untuk terus memperjuangkan, mempertahankan, serta menumbuhkembangkan Potensi Pemuda dan semangat Olahraga Indonesia untuk terus mengukur prestasi dalam bidang-bidang pembangunan dan prestasi di bidang keolahragaan.
Warna Putih mempunyai arti niat suci tulus ikhlas sebagai landasan pijak dalam semua gerak langkah Kemenpora untuk berkarya nyata dalam mengemba amanah Bangsa Indonesia untu menjadi Bangsa yang Besar, Bermartabat, Berbudaya dan Disegani di Dunia.


Informasi dari Website Kemenpora
Pada Website ini terdapat beberapa info mengenai Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Dimana pada navigation bar terdapat beberapa menu yang ditampilkan seperti dibawah ini.

Dimana menu-menu diatas ini akan menampilkan semua informasi yang terkait dengan berita sesuai dengan judul yang tersedia pada Menu Navigation Bar diatas.
Selanjutnya terdapat beberapa bagian bar-bar yang terpisah untuk menampilikan seluuruh informasi sesuai dengan indeks berita atau tema yang dibahas dengan Info Utama yang ditampilkan terletak pada bar sebelah kiri dari website. pada bagian bawah terdapat Footer yang memiliki beberapa Menu yang berfungsi sebagai link yang disediakan untuk menuju page atau web yang masih terkait dengan website Kemenpora. Beberapa Menu Footer yang tersedia, seperti : Kotak Saran, GIS, Aplikasi Kemenpora dan lain-lain seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

  
  

Kelebihan Dan Kekurangan Website
Kelebihan
  • Terdapat dua pilihan bahasa yang bisa digunakan pada Website ini yaitu Indonesia dan English, dimana pilihan bahasa ini terletak disebelah kanan bar
  • Dari segi tampilan dan informasi Website ini sudah sangat menarik untuk dilihat konten-kontennya dan informasi yang disampaikan nya selalu diperbarui terus. 
  •  Terdapat Fitur Kotak Saran, Aplikasi Kemenpora dan lainnya dibagian Footer yang berfungsi agar dapat berinteraksi lagi dengan Bapak menteri atau mengetahui program yang sedang dijalankan.

Kekurangan
ü  Mungkin informasi yang disampaikan sudah lengkap, jelas dan terbaru, akan tetapi ada beberapa berita  yang masih belum terbaru atau mungkin memnag sudah tidak ada berita terbaru mengenai berita tersebut.
ü  Link atau page yang terdapat pada Footer ada yang tidak berfungsi atau error bahkan pada menu Musuem Olahraga Kemenpora link web tersebut telah dihack dan tidak ada info terbaru lagi mengenai web tersebut.
ü  Posisi widget Tweet Kemenpora yang berada ditengah menurut saya kurang sesuai, sebaiknya diletakan disebelah kanan atau kiri.


 SUMBER : http://kemenpora.go.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo