Langsung ke konten utama

Analisa Website Kemenpora RI

Pada postingan kali ini akan menganalisa Website pemerintahan diIndonesia. Yap dikarenakan pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai Website dari Kemenpora, maka Website yang akan dianalisa yaitu Website Kemenpora RI. Dalam menganalisa sebuah Website banyak sekali Tools-tols atau software gratis yang dapat digunakan, tetapi pada analisis website disini saya akan menggunakan tools Alexa.com dan Lipperhey.com . Yuk simak saja proses analisanya !!...



1.   Analisa Menggunakan Alexa Rank
Pada Analisa pertama akan menggunakan tools Alexa rank. Alexa Rank ini merupakan suatu sistem peringkat yang berdasar kepada skema peringkat dari traffic dalam setiap website untuk menerima dari jumlah orang yang mengunjungi situs web tersebut.

Pertama Langsung saja masuk ke website www.alexa.com. Pada bagian atas kanan terdapat kolom untuk memasukan link web yang ingin dianalisa.

Lalu ketikan saja website yang ingin dianalisa. Disini website yang akan dianlisa adalah website kemenpora.go.id dan klik saja tombol Find untuk melihat semua analisa-analisa yang tersedia dari sistem Alexa rank pada web tersebut. Berikut ini adalah hasil dari analisa sistem Alexa.com.

Traffic Ranks
Pada bagian pertama ini merupakan analisa dari Alexa Rank dimana terdapat 2 rank utama yang ditampilkan yaitu Global Rank atau Ranking Dunia dan National Rank atau rangking di Indonesia. Website Kemenpora ini berada di posisi 333,086 pada Global rank dan posisi 9.903 pada National Rank.

Audience Geography
Selanjutnya pada gambar diatas menjelaskan bahwa sebagian besar pengunjung www.kemenpora.go.id sekitar 97,2% yang berasal dari indonesia dan memiliki peringkat dalam negri 9,903 dari website-website yang ada di Indonesia.

Sementara pada bagian diatas ini terdapat 3 Aspek analisa, yaitu : 
  1. Bounce Rate. Bounce Ratenya memiliki persentase 46,10%, Bounce rate merupakan suatu nilai dalam persentase dari jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website anda setelah membuka sebuah halaman.
  2. Daily Pageviews per visitor dengan angka 2,20% dimana maksudnya adalaah rata-rata pengunjung tiap harinya adalah 2.20.
  3. Daily time on sitenya dengan angka 2:19 adalah waktu lama pengunjung tiap harinya mengunjungi website tersebut.


Search Traffic
Bagian analisis diatas ini merupakan hasil analisa terhadap website kemenpora.go.id yang kini di setiap harinya di dunia dapat mencari di berbagai search engine dengan keyword yang paling sering digunakan dalam pencarian web tersebut. Dalam website tersebut memiliki persentase 25.50%. keyword-keyword yang sering digunakan dapat dilihat pada kolom sebelah kanan pada website.

Upstream Sites
Gambar diatas ini meruapakan daftar situs dengan banyaknya pengunjung yang berbeda, sebelum mengunjungi website kemnepora.go.id. dimana situs google.co.id ini memiliki persentase 30.9%.

Sites Linking
Analisa pada bagian diatas ini merupakan data jumlah website yang me link ke website tersebut. Jika terdapat beberapa link ke website yang sama maka hanya akan dihitung satu kali. Pada Website kemenpora.go.id ini memiliki 991 link yang tercantum pada website yang lain. Daftar situs yang melink website tersebut dapat dilihat dibawahnya seperti kaskus, secureserver, detik, kompas dll.

Related Links
Bagian diatas merupakan daftar relasi dan situs yang terkait atau memiliki hubungan dengan kemenpora.go.id. tidak ada relasi link yang terhubung akan tetapi terdapat situs dengan nama yang hampir sama dengan website kemenpora.

Data analisis diatas merupakan persentase banyaknya pengunjung yang mengunjungi domain ataupun subdomain dari website http://kemenpora.go.id.

Audience Demographics
  
Data analisis yang terakhir ini merupakan kategori jumlah pengunjung yang mengunjungi situs yang terkait. Dimana terdapat 3 kategori hasil analisis dari Alexa yaitu, Gender, Education dan Browsing Location.



2.   Analisa Menggunakan Lipperhey
Lipperhey.com adalah layanan SEO online yang menganalisis dan menilai kualitas, pengaksesan dan popularitas website secara obyektif.  Analsia Lipperhey.com dengan mudah memonitor kesehatan dan perkembangan SEO dari situs anda. Saat menganalisis Lipperhey.com khusus dikembangkan untuk mengevaluasi setiap halaman situs sebauh website.
Lipperhey.com menganalisis dengan menggunakan pedoman yang sama seperti mesin pencarian Google, Yahoo, dan Microsoft Bing. Setelah selesai mengevaluasi sebuah situs, Lipperhey.com akan menyiapkan laporan penasihat rinci untuk membantu meningkatkan dan membimbing pertumbuhan situs anda. Lipperhey.com akan menganalisa website dalam 5 aspek, yaitu :
1.      Visitor (Pengunjung)
2.      Indexability (kemampuan indeks)
3.      Hosting
4.      Design
5.      On-Page SEO
Berikut ini hasil dari analisa Website menggunakan Lipperhey.com :
Pertama langsung menuju situs http://www.lipperhey.com. Setelah membuka Lipperhey.com, ketikkan saja nama web yang akan kita analisis disini saya akan menaganalisis web http://kemenpora.go.id dan jika sudah klik tombol Analyze URL yang berwarna hijau. 

Lipperhey akan memberikan score dengan versinya kepada website yang kita analisis, pada kemnepora.go.id popularity score yang diperoleh adalah 59%.

Lipperhey juga menyediakan navigator dalam penganalisaan. Lipperhey.com menganalisis website 1cak.com ini dari beberapa aspek, yaitu :  

1. VISITOR
Dalam menganalisa pengunjung suatu website, Lipperhey.com menganalisa 2 aspek yaitu Estimated Visitor dan Social Media. Dimana Estimated Visitor setiap bulannya adalah 71.400 dan popularitas score dari social media kemenpora 53%.

2. INDEXABILITY
Lipperhey menganalisa beberapa aspek dalam Indexability, yaitu :
ü  Robots.txt (file pada akar situs anda yang menunjukkan bagian dalam situs yang tidak anda izinkan untuk diakses oleh perayap mesin telusur).
ü  Sitemap.xml (satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website),
ü  Accesibility, Document size, Flash, dan juga Frames.

3. HOSTING
Dalam menganalisa bagian Hosting, Lipperhey menganalisa beberapa hal dalam website kemenpora.go.id ini, yaitu Server location (indonesia), encoding, reverse DNS Lookup, WWW resolve, dan Download speed(1.37 Seconds). Berikut adalah analisa hosting website kemenpora.go.id
:

4. DESIGN
Dalam bagian Design Lipperhey akan menganalisa design web kemenpora.go.id, lipperhey akan menganalisa aspek dalam design adalah Mobile devices, inline styles, style blocks, dan juga images, berikut adalah hasil analisanya :

5. ON-PAGE SEO
Penganalisaan bagian terakhir pada lipperhey adalah On-Page SEO, disini Lipperhey menganalisa aspek yaitu preview in search (tampilan saat dicari), Title (judul), URL (Alamat atau Link Website), Meta description, Meta keywords, dan Subheadings. Berikut adakah hasil analisa on-page SEO pada kemenpora.go.id.

Selain itu Lipperhey juga memberikan informasi untuk membantu meningkatkan dan membimbing pertumbuhan suatu website, cukup dengan memilih critical improvements, selanjutnya pilih “+improve” pada website, maka saran akan ditampilkan. Di dalam website kemenpora.go.id ini Lipperhey mempunyai 5 saran untuk membuat website kemenpora.go.id ini lebih baik lagi, berikut adalah salah satu sarannya.



Lipperhey.com memang tidak sepopuler tools analisis SEO lainnya, tetapi Lipperhey mempunyai fitur yang sudah tergolong baik untuk menganalisis suatu website.



Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo