Langsung ke konten utama

Privasi Policy



Privacy Policy. Privacy Policy atau bisa disebut juga sebagai Privasi Web ini adalah dokumen atau halaman yang menjelaskan kepada visitor web atau blog, tentang bagaimana Anda mengelola informasi yang Anda temukan dari mereka. Bahkan hal ini sangat disyaratkan oleh Paman, om atau mbah Google dan sejenisnya untuk diletakkan dihalaman website Anda.


Dengan kata lain Privacy Policy ini sendiri merupakan kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah website yang telah dibuat oleh pemilik atau pembuat situs itu sendiri. Hal ini dilakukan oleh para pemilik web sebagai syarat untuk menggeluti dunia internet. Bahkan ini adalah sebuah dasar yang harus dilakukan oleh pemilik web sebagai bukti bahwa website tersebut akan benar benar ditekuni dan akan menjadi lebih baik dalam perkembangnnya. 


Privacy Policy juga memberikan bukti tentang siapa pemilik web tersebut, jika suatu ketika ada seorang pengunjung web tersebut ingin menanyakan hal hal yang berkaitan dengan situs tersebut dapat dengan mudah menemukan siapa pemilik web tersebut, dan masih banyak lagi fungsinya. Dengan adanya privacy pada sebuah website, maka secara tidak langsung situs tersebut akan terlihat lebih profesional. Bahkan Google Adsense serta juga situs periklanan lainnya membutuhkan adanya halaman ini untuk memperkuat peninjauan supaya jauh lebih meyakinkan.

Ada banyak hal menjadi persyaratan untuk membuat Privacy Policy, namun seluruh persyaratan ini tidak mutlak dan terbatas pada bagian tertentu saja. Tergantung inti dari blog atau website bersangkutan. Namun berikut adalah beberapa syarat umum yang harus ada dalam privacy policy:
·        Data pribadi pemilik Website. Data ini tidak terbatas hanya pada nama, alamat, m tanggal lahir atau sebagainya, tapi juga bisa kepada data kelompok dan individu lainnya. Lebih baiknya lagi jika mencantumkan kontak.
·     Informasi buat pengguna atau pengunjung. Data ini berupa kebijakan blog yang harus diketahui oleh pengguna, seperti informasi terindentifikasi personal, misal cookies dan teknologi lainnya, IP address hingga log files.
·    Penggunaan informasi dalam website. Bagian ini berisi kebijakan analisa statistik yang kadang dijalankan oleh pengelola blog, tentang kebijakan iklan, e-mail newsletter hingga perlindungan dan keamanan informasi.
·   Kepatuhan hukum. Bagian ini hanya memberikan informasi singkat tentang kebijakan hukum. Ada baiknya membuat bagian ini dalam versi lainnya, misal laman soal Syarat Layanan dan Sanggahan.
·       Penutup. Ini hanya informasi tambahan yang bisa berubah suatu waktu. Lebih baik lagi jika punya lisensi. 

Isi dari Privacy Policy itu sendiri adalah tentang penggunaan beberapa fungsi, yaitu :
1.    Log Files,
2.    DoubleClick Dart Cookie,
3.    Our Advertising Partners,
4.    Third Party PrivacyPolicies,
5.    Children's Information,
6.    Online Privacy policy Only,
7.    Dan kebijakan privasi lainnya yang dibuat oleh pemilik situs tersebut yang berbeda namun dengan tujuan yang sama dari para pemilik web atau blog.

Disclaimer juga menjadi sangat penting, hal ini bisa menjadi pelindung Anda dan membatasi kewajiban Anda atas complain atau tuntutan yang muncul atas isi web atau blog Anda. Yang didalamnya mencakup syarat syarat bagi seorang visitor dalam mengakses dan menggunakan informasi yang telah Anda berikan melalui konten atau Artikel Anda, serta menjelaskan apa saja kewajiban Anda. Halaman Disclaimer ada juga yang menyebutnya dengan Terms of Use.

Perbedaan Disclaimer dan Privacy Policy
Lalu perbedaan antara Privacy Policy dan Disclaimer itu apa ? Berikut ini perbedaan antara keduanya berdasarkan fungsinya versi Zallegiance.
  1. Disclaimer berhubungan dengan hak cipta, kalau Anda mempunyai blog atau web kemudian ada yang melakukan tindakan kriminal (melakukan copas atau duplikat konten) Anda bisa melakukan claim atas perlakuan kriminal tersebut.
  2. Privacy Policy berhubungan dengan jaminan keamanan privasi user yang menggunakan software web atau blog milik Anda.

Jika memang berniat serius dalam bisnis online, privacy policy adalah syarat mutlak sebuah website atau blog. Daripada membuat privacy policy secara instan, alangkah lebih baiknya dibuat sendiri. Ya Itulah penjelasan mengenai Privasi Web atau Pivasi Piolicy.  


SUMBER :
Zallegience. 2014.Pengertian dan Fungsi Privacy Policy.  
http://www.zallegiance.com/2014/11/pengertian-dan-fungsi-privacy-policy.html?m=0 [Akses 12 April 2016]

Losari. 2011. Pentingnya Privacy Policy dan Disclaimer.
http://www.losari.web.id/tutorial-website/pentingnya-privacy-policy-disclaimer-dan-terms-of-service-di-website. [Akses 12 April 2014]

Blogo. 2014. Penjelasan dan Syarat Membuat Privacy Policy.
http://www.blogooblok.com/2015/02/penjelasan-dan-syarat-membuat-privacy.html
[Akses 13 April 2016]


Sungkono, Chriswan, Machmudin Eka P. (Penerjemah). 2007. Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo