Langsung ke konten utama

Kebijakan Web (Web Policy)

Kebijakan Web. Kebijakan atau bisa disebut juga Policy adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seseorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan dan cara – cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dasar pemikirannya adalah bahwa masyarakat memiliki beberapa tujuan bersama yang ingin dicapai secara bersama pula. Oleh karena itu diperlukan rencana yang mengikat dan dirumuskan sebagai kebijakan oleh pihak yang berwenang.
Kebijakan keamanan adalah pernyatan atas apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam menjalankan sebuah sistem. Metode, alat, atau prosedur untuk melaksanakan kebijakan keamanan tersebut dinamakan mekanisme keamanan.


Jadi  bisa diartikan Kebijakan Web atau Web Policy merupakan suatu kumpulan keputusan atau pernyataan dari pengelola website mengenai sesuatu yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam menjalankan sebuah sistem dari website tersebut.

Internet yang sering dikenal dengan dunia maya, merupakan medium untuk berkomunikasi layaknya komunikasi pada dunia nyata. Sehingga kemungkinan timbulnya miss komunikasi yang mengakibatkan hubungan tidak baik antar sesama pengguna internet. Netiquette atau netiket adalah singkatan dari  netter etiket, yaitu semacam aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna internet, baik itu dalam komunikasi melalui email, mailing list, chatting, dan media komunikais lainnya, yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.
Beberapa etika yang umum dalam komunikasi di internet adalah:
  1. Jangan menggunakan huruf besar
  2. Kalau mengutip pesan sebaiknya, kutiplah seperlunya
  3. Perlakuan email sebagai pesan pribadi
  4. Hati - hati dalam mem-forward email ke orang lain.
  5. Biasakan menggunakan format plan text dan jangan sembarangan menggunakan format HTML
  6. Jangan kirim file (berukuran besar) melalui attachment tanpa ijin terlebih dahulu dari penerima email 
Netiquette atau nitiket adalah singkatan dari netter etiket, yaitu semacam aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna internet, baik itu dalam komunikasi melalui email, mailing list, chatting, dan media komunikasi lainnya, yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.
Berikut ini beberapa netiket yang sering digunakan dalam konikasi melalui email :
1. Tidak menulis email menggunakan huruf besar semua. Email yang keseluruhan pesannya ditulis dengan huruf besar dapat dipersepsika sebagai berteriak atau marah. 
2.    Biasakan untuk menulis judul (Subject) dengan jelas dan sesuai dengan isi pesan. 
3.  Jangan sekali-sekali mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang sekaligus (untuk promosi misalnya). Ini beresiko alamat surat elektronik Anda dimasukkan dafta hitam sebagai pengirim jug-email (email sampah). 
4. Untuk pesan ke orang yang tidak begitu Anda kenal, pakailah bahsa yang sopan. Terlebih 
5.   Bila Anda tidak mengetahui usia atau psisi orang yang kirim. 
6.   Mempertimbagkan dengan baik-baik apa yang ditulis
7.  Tidak melampirkan file apapun pada email sebelum ada kesediaan dari calon penerima email. 
8.  Biasakan menggunakan email dengan format plaint text. 
9. Bila ingin memberitahu keberadaan sebuah website yang menarik pada orang lain, jangan memuat seluruh isi website. Cukup tulis saja alamatnya.

Prinsip dan etika Pengembangan Web sduah seahrusnya dipatuhi oleh para web developer. Dimana dunia internet semakin hari sudah semakin ramai, dengan begitu pembuatan sebuah website jadi semakin banyak dilakukan. Setiap harinya pun tak terhitung berapa jumlah website baru yang dibuat oleh para pengembang website atau web developer.
Prinsip dan Etika Pengembangan Website
1.    Aplikasi web harus bekerja untuk semua orang
·       Dibuat dengan peningkatan yang progresif
·       Prioritaskan aksesibilitas
·       Buat bentuk yang eksklusif
·       Uji dengan pengguna yang sebenarnya
2.    Aplikasi web harus bekerja dimanapun
·      Website Responsif
·      Nilai kinerjanya
·      Maksimalkan kemampuan offline terlebih dahulu
·      Paparan permanen, dapat dibaca oleh manusia, dan tautan yang dalam
3.    Web applications should respect a user’s privacy and security
·      Gunakan https dimanapun
·      Hormati preferensi pelacakan pengguna
·      Jelaskan pada pengguna bagaimana informasi data mereka digunakan
·      Mungkinkan pengguna untuk mengekspor data mereka
·      Amankan data pengguna
4.    Pengembang website harus perhatian pada teman-teman mereka
·      Beri komentar yang jelas pada kode dan dokumentasikan kode yang dibuat
·      Analisa dan tes kode
·      Manfaatkan kontrol sumber dan integrasi yang berkesinambungan
·      Menggunakan dan berkontribusi untuk open source jika memungkinkan
·      Perlakukan pengembang lain dengan hormat
·      Tawarkan dan ikuti kode etik untuk proyek-proyek open source


SUMBER :
Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Teknologi Dan Aplikasinya. Jakarta. PT Elex Media Computindo.

Andi. 2003. Promosi Efektif dengan WEB. Semarang : PT Wahana Komputer

Lepank. 2012. Pengertian Kebijkaan (Policy).
http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-kebijakan-policy.html.
[Akses 13 April 2016]

Jurnal Web . 2016. “Prinsip dan Etika Pengembangan Website” . http://www.jurnalweb.com/prinsip-dan-etika-pengembangan-website/.

[Akses 11 April 2016]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo