Langsung ke konten utama

PEMUDA

Pemuda merupakan golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia belakangan ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Keragaman tersebut pada dasarnya tidak mengakibatkan perbedaan dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat. Proses itu bisa disebut dengan istilah sosialisasi, proses sosialisasi.
Sehubungan dengan adanya program pembinaan generasi muda pengertian pemuda  diperinci dan tersurat dengan pasti. 

Ditinjau dari kelompok umur, maka pemuda Indonesia adalah sebagai berikut :
  • Masa bayi                    : 0 1 tahun
  • Masa anak                   : 1 12 tahun
  • Masa Puber                 : 12 15 tahun
  • Masa Pemuda              : 15 21 tahun
  • Masa dewasa               : 21 tahun keatas
Dilihat dari segi budaya atau fungsinya dikenal istilah anak, remaja dan dewasa, dengan perincian sebagai berikut :
  • Golongan anak : 0 12 tahun
  • Golongan remaja : 13 18 tahun
  • Golongan dewasa : 18 (21) tahun keatas
Berdasarkan umur dan lembaga serta ruang lingkup tempat pemuda berada terdiri atas 3 kategori yaitu :
1. siswa, usia antara 6 18 tahun, masih duduk di bangku sekolah
2. Mahasiswa usia antara 18 25 tahun beradi di perguruan tinggi dan akademi
3. Pemuda di luar lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi yaitu mereka yang berusia 15 30 tahun keatas.

Pemuda merupakan aset penting bagi setiap Negara dimana tugas dari pemuda itu yaitu, menjadi penerus generasi disetiap negaranya. Dan di indonesia ini menururt survey diatas banyak pemuda yang putus sekolah, malas sekolah, dan tidak sekolah sama sekali disaat umur yang seharusnya dia sekolah tetapi sudah tidak bersekolah. Keadaan Ekonomi, masalah internal keluraga dan lain-lain merupakan beberapa factor penyebabnya.   

Macam-macam pemuda Indonesia dari perannya dalam masyarakat
1. Pemuda urakan
pemuda yang tidak ingin melakukan suatu perubahan tetapi ingin kebebasan bagi dirinya sendiri.
2. Pemuda nakal
pemuda yang satu ini tidak berminat dan tidak akan mengadakan perubahan dalam masyarakat atau budaya, tetapi pemuda ini memperoleh manfaat dari masyarakat  dengan menggunakan tindakan yang tidak baik.
3. Pemuda Radikal
pemuda-pemuda ini mempunyai keinginan untuk mengadakan perubahan revolusioner, dengan usah
baik secara lisan maupun tidakan rencana jangka panjang untuk mengubah keadaan sekarang juga.
4. Pemuda Sholeh
Para pemuda yang satu ini adalah pemuda yang setiap tingkah lakunya sehari-sehari selalu berpegang
teguh terhadap agamanya dan melakukan perintah dan menjauhi larangann-Nya.

Mengembangkan Potensi Generasi Muda
Di negara-negara maju, salah satu di antaranya adalah Amerika Serikat, para mahasiswa sebagai generasi muda, didorong, dirangsang dengan berbagai motivasi dan dipacu untuk maju dalam berlomba menciptakan suatu ide/gagasan yang harus diwujudkan dalam suatu bentuk barang, dengan berorientasi pada teknologi mereka sendiri. Untuk mengembangkan ide-ide/gagasan-gagasan itu, Institut Teknologi Maschussets (MIT) Universitas Oregon dan Universitas Carnegie Mellon (CMU), telah membuat proyek bersama berjangka waktu lima tahunan, melibatkan sekitar 600 mahasiswa dan 55 anggota fakultas dalam program-program belajar dan membaharu dalam wadah Nasional Science Foundation (NSF), di masing-masing pusat inovasi universitas-universitas tersebut. Hasil yang dicapai proyek itu : Lebih dari dua lusin produk, proses atau pelayanan baru telah dipasarkan dan menciptakan hampir 800 pekerjaan baru, dan memperoleh hasil penjualan sebesar $46,5 juta.
Potensi pemuda sebenarnya ada yang sudah bawaan dari lahir ataupun mempunyai bakat di usianya yang akan terus dilatih dan dikembang agar setelah dia melewati masa mudanya, pemuda itu siap untuk menjadi orang yang lebih dewasa. Belakangan ini pemuda di Indonesia kurang diperhatikan oleh pemerintah, oleh sebab itu pemuda-pemuda di Indonesia terlihat tidak berkembang dan hanya diam ditempat saja.
Berbeda sekali dengan Negara-negara maju yang ada di Eropa dan Asia yang sudah melatih pemuda dari usia dini, sehingga disaat usianya pemuda itu telah siap untuk diandalkan oleh Negara sebagai aset yang sangat berharga dan sudah memiliki keterampilan dan skill berkualitas tinggi.
      Oleh sebab itu sebaiknya pemerintah bisa mengawasi, mendukung dan menjaga, serta membantu para pemuda itu untuk dapat dilatih dan berkembang dengan sendirinya. Sehingga para pemuda itu bisa menjadi aset yang berharga bagi Negara ditahun yang akan datang.

http://selasrimulyani.wordpress.com/2014/11/25/tugas
http://ekojihadsaputra.blogspot.com/2010/03/pemuda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo