Langsung ke konten utama

IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

IPTEK merupakan kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. dengan artinya Ilmu dapat dipandang sebagai produk, sebagai proses, dan sebagai paradigma etika. sedangkan Teknologi, teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berari pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industri. 

Dalam postingan saya kali ini saya akan membahas mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan saya akan lebih membahas IPTEK dalam perkembangan Sepakbola. 

Perkembangan Teknologi dan sepakbola bola sekarang ini sudah tidak bisa terpisahkan baik dalam pertandingan maupun saat latihan. nah untuk itu saya akan membahas beberapa teknologi canggih yang baru baru sudah digunakan dan dikembangkan dalam sepakbola.


 
1.Jam Referee Third Eye

Andy Kurovet seorang desainer, membuat jam khusus untuk wasit sepak bola yang diberi nama Referree Third Eye yang dilengkapi dengan bluetooth sehingga asisten wasit hingga wasit cadangan bisa langsung mengirim sinyal jika terjadi Gol, offside atau pelanggaran. Hal ini dikarenakan wasit kontroversi keputusan yang kurang tepat.



2. Bola CTRUS
Bola CTRUS adalah bola yang dilengkapi dengan kamera didalamnya sehingga dapat mengirim sinyal sehingga bisa mengirimkan sinyal pada perangkat khusus yang dikenakan wasit jikakalau telah terjadi gol. Tetapi Federasi sepakbola menolak menggunakannya dengan alasan akan merusak keindahan sepak bola.

3. Goal line_technology (GLT)
Teknologi Garis Gawang atau Goal line technology adalah perangkat elektronik yang bertujuan membantu wasit dalam menentukan keputusan gol.






4. M-Stasion
M-Stasion merupakan produk dari Denmark yang terbuat dari stainless steel dan aluminium ringan, Permukaan string menghasilkan rebound maksimum bola. M-Stasion dirancang sebagai latihan sepakbola secara individu maupun perkelompok yang penggunaannya sebagai mengontrol bola, menyundul bola dan membantu kiper dalam latihan.


5.M-FRAME Oakley
M-Frame adalah salah satu kacamata untuk berbagai jenis kegunaan dan kebanyakan dipakai oleh para olahragawan. Kacamata tersebut dipakai pada saat latihan oleh pesepakbola yang berguna untuk menfokuskan indra penglihatan pemain dengan mengaktifkan sensor blingkig.


6. The Footbonaut
Borussia Dortmund yang pertama menggunakan tempat berteknologi masa depan pelatihan dengan nama The Footbonaut, yang merupakan ruang 14 meter persegi dengan 64 kotak target atau sasaran bola yang di masukkan setiap dindingnya bagi pemain.


7. Micoach
MiCoach adalah teknologi pertama sepatu pintar yang digunakan untuk mengetahui dan merekam statistik performa kecepatan, kecepatan maksimum, jumlah sprint, jarak, jarak berdasarkan waktu dan level intesitas secara akurat. Teknologi olahraga yang berasal dari Jerman ini banyak dipakai oleh pesepakbola, pemain tenis, atletik dan banyak lainnya.
Memori miCoach dapat mencatat seluruh data pertandingan hingga 7 jam dan bisa ditransfer secara nirkabel ke tablet, PC, dan MAC.


yap, itulah beberapa teknologi-teknologi baru yang baru dikembangkan dan sudah mulai digunakan dalam sepakbola. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini sangat berkembang pesat sekali diseluruh penjuru dunia dan dalam berbagai bidang.
termasuk dalam sepakbola sudah digunakan teknologi canggih untuk mendukung jalannya suatu pertandingan agar lebih nyaman dan lebih efektif dan efisien. dengan adanya penggunaan teknologi-teknologi baru ini akan sangat membantu untuk mengatur pertandingan, melatih individu para pemain sepakbola dan membantu meningkatkan kualiktas para pemain.

oleh karena itu Sepakbola dengan teknologi dapat berhubungan dengan erat, karena memiliki suatu keuntungan satu sama lain.
Sekian Pembahasan materi sosdas tentang Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang saya berikan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo