Pada postingan kali
ini akan dibahas mengenai peningkatan grafis pada game konsol yang mulai
melambat. Nah pada awalnya bisa dirasakan sewaktu terjadi batu loncatan besar
dari Grafis Super Nintendo ke grafis PS1 dalam kurun waktu 8 tahun atau jika
dilihat 2 tahun sebelum PS1 tepatnya 1996 ada Nintendo64 yang memberikan
loncatan grafis cukup jauh dari gambar "kartun" nya Super Nintendo
Entertainment System (SNES). Yaap PS1 dan Nintendo64 sudah memberikan grafis
lingkungan 3D.
Super Mario Nintendo –
64 bit
Selanjutnya dari PS1
yang masih belum jelas muka-muka karakternya kembali mengalami sebuah jebolan
teknologi baru yaitu di era PS2, Gamecube, dan XBOX. Nah yang akan dibahas
memang perkembangan grafis game konsol saja, karena kalo PC adalah masalah
upgrade hardware belaka bukan perbedaan bentuk dan fungsi layaknya sebuah game
konsol.
Winning Eleven (PS 1)
Winning Eleven (PS 2)
Bisa
dilihat semisal game WE di PS1 muka para pemainnya masih sama semua, berbeda dengan
di PS2 yang para pemain masing-masing memiliki muka yang berbeda. Walau ada
beberapa pemain tak berlisensi sehingga mukanya sama. Rambut pemain pun tidak
kotak-kotak belaka.
Selanjutnya
berkembang lebih jauh dari PS2/GC/ XBOX à PS3, XBOX360, Wii U.
Disini mulai berkembang yang namanya Dynamic Light dan shadow di bagian tubuh. Serta di beberapa game baju karakter yang bisa lecek-lecek semisal game Pro Evolution Soccer (PES), Call Of Duty, Grand Theft Auto (GTA), dll. Komposisi pun jauh lebih terlihat padat.
Disini mulai berkembang yang namanya Dynamic Light dan shadow di bagian tubuh. Serta di beberapa game baju karakter yang bisa lecek-lecek semisal game Pro Evolution Soccer (PES), Call Of Duty, Grand Theft Auto (GTA), dll. Komposisi pun jauh lebih terlihat padat.
Grand
Theft Auto San Andreas (PS 2)
Grand Theft Auto V (PS 3)
FIFA 14(XBOX ONE)
FIFA 14 (PS3)
Dari contoh gambar diatas semisal game FIFA di Xbox One saja tak
jauh berbeda dengan versi PS3 dan X360 nya. Hanya terlihat perbedaan di jersey yang bisa lecek
dan berkibar kali ini, terlihat memang grafis baju dibuat terpisah dengan
grafis tubuh pemain.
PES 2014 (PS3/X360)
Coba bandingkan saja FIFA
versi XBOX One dengan PES 2014 versi PS3 dan Xbox 360. Terlihat tidak ada
perbedaan, dan malah terlihat jauh lebih real PES 2014 milik PS3 dan XBOX360.
Di PES 2014 ini baju pemain tidak hanya lecek, melainkan bisa berkibar juga
layaknya FIFA 14 versi Next Generation.
Dan Selanjutnya, coba kita melihat game Watch Dogs untuk PS4 tidak memiliki
perbedaan grafis yang tidak jauh dengan PS3. Bahkan terbilang sama jika disandingkan
dengan GTA V versi PS3.
Nah, dari semua
pembahasan postingan kali ini perkembangan grafis game console akan sangat
mencolok menjadi batu loncatan besar hingga sekarang yang kian tidak berbeda
jauh dengan generasi sebelumnya. Apakah ini suatu kemunduran atau kurang
inovasi baru dalam dunia grafis 3 dimensi ? Yap sebenarnya grafis sebuah game
ditentukan oleh Engine yang digunakan dalam game tersebut, sebut saja beberapa
engine grafis seperti Unreal Engine, FOX Engine, Crytek Engine yang begitu
populer karena Grafis yang dihasilkan cukup nyata.
SUMBER
http://bismaputrapratama.blogspot.co.id/2013/09/peningkatan-teknologi-grafis-melambat.html
Komentar
Posting Komentar