Langsung ke konten utama

Analisis Program - Jaringan Komputer Lanjut


Postingan Kali ini merupakan Tugas Jaringan Komputer Lanjut untuk menganalisa beberapa Program Java yang berfungsi untuk melihat IP Address, Hostname, dan membangun Client-Server sederhana. Berikut ini 5 Program yang akan dianalisa.

1.    Latihan 1 (getIP)
Latihan 1 ini akan menampilkan IP dari Komputer/Laptop yang digunakan. Dimana import.java.net.* adalah Library yang digunakan untuk keperluan Networking. sementara method  InetAddress yang di simpan ke dalam variabel Host harus bernilai null (kosong), Host ini akan digunakan untuk menyimpan Ip Address dari Komputer dengan memanggil method InetAddress.getLocalHost(). Selanjutnya ada perulangan yang digunakan untuk kondisi jika Ip Address yang digunakan tidak terbaca, jika Ip Address nya terbaca maka langsung tampilkan Ip Address tersebut.

Hasilnya bisa dilihat sendiri pada Gambar dibawah ini

2.    Latihan 2 (getName)
Latihan kedua ini hampir sama seperti sebelumnya, hanya saja yang ditampilkan dari Sintaks diatas adalah Nama dari Komputer/Laptop yang digunakan. Dimana Class getName ini akan mencetak Nama Komputer Anda menggunakan method yang sama seperti latihan sebelumnya yaitu InetAddress.getLocalHost. Nama Komputer yang digunakan dipanggil dengan sintaks host.getHostName().

Hasilnya bisa dilihat sendiri pada Gambar dibawah ini

3.    Latihan 3 (IPtoName)
Latihan ini akan menampilkan Nama Komputer sesuai dengan IP Address. Dimana Class IPtoName ini memiliki sebuah kondisi jika panjangnya IP=0, maka akan ditampilkan “Pemakaian : Java IPtoName ”, jika tidak maka langsung tampilkan Nama Komputer dengan sintaks address.getHostName. pada blok program diatas juga terdapat penanganan error Try-catch, fungsinya untuk menampilkan pesan jika terjadi error.
Dimana pada fungsi Try akan menjalakan InetAddress.getByName(host) yang disimpan ke variabel address untuk menampilkan Nama Komputer berdasarkan Hostname. Jika tidak program akan menjalankan Catch dengan menampilkan pesan “invalid IP – malformed IP”.

Hasilnya bisa dilihat sendiri pada Gambar dibawah ini

4.    Latihan 4 (NsLookup)
Pada Latihan ini hampir sama seperti latihan sebelumnya hanya yang ditampilkan adalah IP address sesuai dengan Nama Komputer. Dimana Class NsLoookup ini memiliki sebuah kondisi jika panjangnya IP=0, maka akan ditampilkan “Pemakaian : Java NsLookup ”, jika tidak maka langsung tampilkan IP Addres dari Nama Komputer yang digunakan. pada blok program diatas juga terdapat penanganan error Try-catch, fungsinya untuk menampilkan pesan jika terjadi error.
Dimana pada fungsi Try akan menjalakan InetAddress.getByName(host) yang disimpan ke variabel address untuk menampilkan Nama Komputer berdasarkan Hostname. Jika tidak program akan menjalankan Catch dengan menampilkan pesan “Unknown Host”.


Hasilnya bisa dilihat sendiri pada Gambar Dibawah ini

5.    Latihan 5 (Membangun Aplikasi Client-Server)
Pada Latihan terakhir ini akan membuat Koneksi Client-Server sederhana dengan interaksi yang digunakan via Command Prompt (CMD). Dimana terdapat 2 program java yaitu simpleServer (untuk server) dan simpleClient (untuk Client). Pertama compile kedua file tersebut terlebih dahulu, setelah itu baru jalankan program simpleServer.java dan hasilnya akan muncul pesan “Aplikasi Server hidup ..”. Selanjutnya buka CMD baru dan jalankan program simpleClient.java dan jalankan sesuai dengan Nama Komputer Server, hasilnya akan muncul pesan “Masukan Kata Kunci : ” dan masukan kata kunci salam pada Client, hasilnya aka ada pesan balasan dari server begitu juga di server terdapat pesan masuk dari client sesuai dengan kata kuncinya.

Hasilnya bisa dilihat sendiri pada Gambar dibawah ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo