Langsung ke konten utama

Review Jurnal


Penerapan Mobile Augmented Reality Berbasis Cloud Computing Pada Harian Umum Radar Banyumas



Pendahuluan
Penyampaian informasi dapat disebarkan oleh berbagai media, salah satu media penyampaian informasi yang masih digunakan dari dahulu sampai sekarang adalah surat kabar (koran). Banyaknya media cetak digital yang hadir belakangan ini membuat surat kabar seperti koran kehilangan peminat bacanya, oleh karena itu inovasi yang dilakukan oleh pihak redaksi Harian Umum Banyumas ini menerbitkan berita dalam bentuk digital dengan bantuan teknologi Mobile Augmented Reality berbasisikan Cloud Computing. Hadirnya inovasi baru dari tim redaksi ini harapannya dapat membuat daya tarik tersendiri untuk pembaca serta peningkatan inovasi dalam media cetak.

Teknologi AR (Augmented Reality) yang dikombinasikan dengan Cloud Computing sebagai media penyimpanan berita serta video dari Harian Umum Radar Banyumas ini dapat mempermudah pembaca, karena hanya dengan menginstall aplikasi media cetak digital pada smartphone sudah bisa langsung membaca seluruh berita terbaru dari Harian Umum Radar Banyumas setiap harinya. Menariknya lagi informasi yang disampaikan sudah interaktif karena menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) serta aplikasinya pun lumayan ringan karena semua berita dan video disimpan pada Cloud Computing. Teknologi AR (Augmented Reality) ini menggunakan markerless AR, dimana marker ini tidak bergantung pada posisi atua orientasi kamera yang digunakan dalam sistem AR.     

Identifikasi Jurnal
Judul : Penempatan Mobile Augmented Reality Berbasis Cloud Computing Pada Harian Umum Radar Banyumas
Penulis : Dhanner Intan Surya Saputra, Erna Utami, dan Andi Sunyoto
Institusi : STMIK AMIKOM Yogyakarta
Tahun Terbit : 2013


Metode Penelitian
Metode yang digunakan pada Jurnal Penempatan Mobile Augmented Reality Berbasis Cloud Computing yang diterapkan pada Harian Umum Radar Banyumas ini terdapat 4 metode penelitian, yaitu :
1.    Analisis Sistem
Pada Analisis Sistem ini terdapat Analisis Kebutuhan, Arsitektur Teknologi dan Kebutuhan Input dan Output Aplikasi
2.    Desain Sistem
Desain tahap ini terdapat Model Proses, Model Data dan Desain Interface.
3.    Implementasi
Tahap ketiga ini merupakan penerapan metode dari pemanfaatan layar Augmented Reality Browser, Penentuan Markerless dan media cetak, serta penggunaan platform layar dan cloud computing.
4.    Pengujian
Tahap terakhir ini merupakan pengujian aplikasi pada smartphone android dan User acceptance.


Berdasarkan pembahasan dari Jurnal yang ditemukan pemanfaatan teknologi AR (Augmented Reality) dan Cloud Computing ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

 Kelebihan
1.  Informasi Surat Kabar (Koran) Harian Radar Banyumas dapat dibaca dan dinikmati langsung dengan membuka aplikasinya.
2.    Aplikasi yang di install lebih ringan dan cepat, karena menggunakan Cloud Computing sebagai database online.

Kekurangan
1. Proses Scanning berita untuk memunculkan Augemented Reality terkadang membutuhkan waktu yang dipengaruhi oleh koneksi internet.
2.  Jika terjadi permasalahan pada penyedia Cloud Computing maka semua data yang disimpan di Cloud tidak bisa di akses pada aplikasi Harian Umum Banyumas.

Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan Jurnal penerapan mobile augmented reality berbasis cloud computing pada Harian Radar Banyumas, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan adanya implementasi ini diharapkan dapat menyampaikan infromasi secara langsung dengan berita – berita terbaru dan membuat pembaca Harian Radar Banyumas semakin tertarik membaca berita dari aplikasi dan dapat dikembangkan kembali baik dari segi fungsionalitas, kinerja, serta ukuran aplikasinya.


Sumber Jurnal :
http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/922

Komentar

  1. situs agen Pragmatic terpercaya / bandar slot terpercaya / bandar slot online terbaik, aman dan terpercaya. banyak game menarik yang bisa anda mainkan seperti bola, slot, casino, dan poker. bergabung bersama kami, anda akan mendapatkan bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Cashback
    - Bonus event menarik lainnya

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya. Dapatkan Hadiah Jackpot jutaan rupiah cukup dengan bermain di situs kami

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Langkah – Langkah Konfigurasi Web Server Berikut ini langkah – langkah untuk mengkonfigurasi Web Server pada

Desain Komunikasi Visual Vs Seni Murni

Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat menjadi DKV masih merupakan hal yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mungkin masyarakat indonesia lebih sering mengenal DKV ini dengan sebutan Desain Grafis. Sebenarnya di indonesia sendiri masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual lebih disebabkan karena tuntutan industri saja. Cakupan materinya ditambah dan targetnya diperluas karena desain grafis lebih mengacu pada profesi yang lebih dahulu ada sehingga ruang lingkup desainer grafis lebih banyak menggunakan media cetak. Seiring perkembangan zaman banyak sekali muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja akan tetapi hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti website di Internet.       Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai desain komunikasi visual, ada baiknya diketahui dahulu apa itu Desain. Jadi Desain sendiri dapat dijadikan sebagai kata ke

Opsional dalam Setting Grafik Game

Bermain game di PC berbeda dengan di konsol.  Gaming  di konsol seperti XBOX dan PS3 tidak memerlukan pengaturan grafik karena setiap game pada konsol sudah diset pada performa visual tertentu. Dan untuk para gamers pastinya sudah pada tahu dong kalau bermain game di PC setting grafik game sudah dilakukan secara  default , jadi pengaturan grafik dalam game PC dirancang agar game dapat berjalan mulus pada banyak konfigurasi sistem PC. Namun, kita dapat mengubah beberapa  setting  / opsi grafiknya agar performa optimal dapat dicapai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengaturan grafis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan yang di inginkan, yuk simak aja postingan kali ini. Resolusi Layar Resolusi layar ( screen resolution ) berarti perbandingan jumlah pixel horizontal (misalnya 1366) dibandingkan jumlah pixel vertikal (misalnya 768) yang ditampilkan di layar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak detail yang ditampilkan di layar. Perlu diingat resolusi tinggi memakan perfo